Lakukan Dengan fikiran

“ ASUHAN KEBIDANAN IBU BERSALIN NY. N DENGAN ROBEKAN PERINEUM DERAJAT II DI RSUD MAJALENGKA TAHU N 2009 “.


BAB I
PENDAHULUAN
1 Latar Belakang
Robekan perineum adalah robekan yang terjadi pada bagian yang terlunak, terlazim mengenai vagina dan perineum sebagai hasil laserasi.(1)
Perineum merupakan bagian yang sangat penting dalam fisiologis. Kebutuhan perineum tidak hanya berperan atau menjadi bagian penting dari proses persalinan, tetapi juga diperlukan untuk mengontrol proses buang air besar dan buang air kecil, menjaga aktivitas peristaltik normal ( dengan menjaga tekanan intra abdomen ) dan fungsi seksual yang sehat.(2)
Kejadian kematian ibu dan bayi sebagian besar di negara berkembang yaitu sekitar 98% sampai 99% yang disebabkan berkaitan dengan kehamilan dan persalinan.(3)
Robekan perineum terjadi hampir semua persalinan pertama dan tidak jarang juga pada persalinan berikutnya. Robekan ini dapat dihindarkan / dikurangi dengan menjaga jangan sampai dasar panggul dilalui kepala janin dengan cepat, sebaiknya kepala janin yang akan lahir jangan ditahan terlampau kuat dan lama karena menyebabkan asfiksia perdarahan dalam tengkorak janin dan melemahkan otot-otot dan kasia pada dasar panggul karena direnggangkan terlalu lama.(4)
Rumah sakit merupakan sarana pusat pelayanan kesehatan dari setiap daerah terdapat RS, salah satunya RSUD Majalengka. RSUD Majalengka juga merupakan pusat rujukan bagi pelayanan kesehatan baik kasus fisiologis maupun patologis. Selama penulis melakukan PKK di RSUD Majalengka terdapat kasus post partum dengan SC maupun normal Sehingga penulis tertarik untuk membuat laporan kasus tentang post partum normal yang ada di RSUD Majalengka untuk dijadikan proses asuhan kebidanan khususnya pada ibu post partum.
Oleh karena itu, penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam tentang ibu bersalin dengan robekan perineum untuk dijadikan kasus kebidanan dengan judul “ ASUHAN KEBIDANAN IBU BERSALIN NY. N DENGAN ROBEKAN PERINEUM DERAJAT II DI RSUD MAJALENGKA TAHU N 2009 “.
2 Tujuan Umum
Agar mahasiswa dapat menerangkan asuhan kebidanan sesuai dengan standar yang berlaku pada Ny. N di RSUD Majalengka menggunakan pendekatan manajemen varney dan pendokumentasian secara SOAP.
3 Tujuan Khusus
a. Mahasiswa mamapu melakukan pengkajian kebidanan pada ibu bersalin Ny. N dengan robekan perineum derajat II di RSUD Majalengka tahun 2009.
b. Mahasiswa mampu menentukan interpretasi data untuk melakukan diagnosa masalah serta kebutuhan pada ibu bersalin pada Ny. N dengan robekan perineum derajat II di RSUD Majalengka tahun 2009.
c. Mahasiswa mampu menegakkan diagnosa dan masalah potensial pada kasus kebidanan ibu bersalin pada Ny. N dengan robekan perineum derajat II di RSUD Majalengka tahun 2009.
d. Mahasiswa mampu melakukan tindakan segera atau kolaborasi pada kasus kebidanan ibu bersalin pada Ny. N dengan robekan perineum derajat II di RSUD Majalengka tahun 2009.
e. Mahasiswa mampu merencanakan tindakan asuhan kebidanan yang menyeluruh pada kasus kebidanan ibu bersalin pada Ny. N dengan robekan perineum derajat II di RSUD Majalengka tahun 2009.
f. Mahasiswa mampu melakukan tindakan sesuai perencanaan asuhan kebidanan ibu bersalin pada Ny. N dengan robekan perineum derajat II di RSUD Majalengka tahun 2009.
g. Mahasiswa mampu mengevaluasi asuhan kebidanan setelah melakukan tindakan ibu bersalin pada Ny. N dengan robekan perineum derajat II di RSUD Majalengka tahun 2009.
4 Metode Penulisan
Dalam penulisan makalah ini penulis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus, adapun caranya meliputi :
1 Studi Perpustakaan
Yaitu dengan mempelajari buku-buku diktat yang berkaitan dengan topik kasus yang diambil.
2 Wawancara
Yaitu menanyakan secara langsung kepada bidan, klien dan keluarga.
3 Observasi Partisipasi
Yaitu dengan observasi dalam melakukan asuhan kebidanan secara langsung pada klien dan keluarga.
4 Dokumentasi
Yaitu membuat makalah ini penulis melakukan pendokumentasian dengan melihat langsung pada klien.
5 Sistematika Penulisan
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN : Meliputi latar belakang, tujuan, metode penulisan dan sistematika penulisan.
BAB II TINJAUAN PUSTAKA : Meliputi konsep medis dan asuhan kebidanan (7 langkah varney).
BAB III TINJAUAN KASUS : Meliputi pendokumentasian secara SOAP.
BAB IV PEMBAHASAN : Meliputi manajemen kebidanan 7 langkah varney.
BAB V PENUTUP : Meliputi kesimpulan dan saran.
DAFTAR PUSTAKA

One response

  1. FeFii

    mas bro kok g lengkap ya bab1 ampek akhir….😦

    9 November 2011 pukul 6:49 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s