Lakukan Dengan fikiran

ASUHAN KEPERAWATAN Tn. T DENGAN POST OPERASI BENIGNA PROSTATE HYPERTROPI DI RUANG 8 RSUD GUNUNG JATI KOTA CIREBON


BAB I

PENDAHULUAN

 

 

 

 

A. LATAR BELAKANG

Dahulu disebut juga sebagai hipertofi prostat jinak (benigna postate hypertrofi), istilah hypertrofi sebenarnya kurang tepat karena yang terjadi adalah hyperplasia kelenjar periuretra yang mendesak jaringan prostat yang asli keperifer dan harus mengalami pembedahan.

 

Benigna prostate hipertrofi (BPH) adalah pembesaran proresif dari kelenjar protate (pria yang berusia lebih dari 50 tahun) yang menyebabkan berbagai obstruksi ureter dan pembatasan cairan urinarius.(doenges,1999)

 

Kasus benigna prostate hypertrofi (BPH) prevalensinya meningkat sejalan dengan peningkatan usia pada pria.insiden dinegara berkembang meningkat karena adanya peningkatan usia harapa hidup.penyebab  belum jelas namun terdapat faktor resiko umur dan hormon androgen terdapat kaitan dengan perubahan derajat hormon yang dialami pada usia lanjut yaitu gangguan keseimbangan sekresi androgen yang berkurang menyebabkan sekresi estrogen bertambah.

 

Perubahan mikroskopik pada prostat telah terjadi pada pria usia 40 tahun.bila perubahan mikroskopik tersebut ini berkembang, menyebabkan terjadi perubahan patologik anatomik yang ada pada usia 50 tahun dengan tingkat kejadiannya sekitar 50 %, pada usia 80 tahun skitar 80 % dan usia 90 tahun sekitar 100%.

(Arief mansoer,2000:329)

 

 

Tingginya angka kejadian  sangat memprihatinkan mengingat faktor usia  lansia sangat rentan sekali terkena penyakit kaena sudah terjadi banyak kemunduran fungsi tubuh,apalagi jika mengingat hal yang diakibatkan oleh penyakit ini, apabila tidak  ditangani dengan baik maka dapat mengakibatkan obstruksi saluran perkemihan sehingga penderita akan kesusahan untuk membuang air kecil bahkan dapat mengakibatkan kematian penderitanya. Berdasarkan hal tersebut diatas penyusun mengambil kasus ini dengan judul “ASUHAN KEPERAWATAN Tn. T DENGAN POST OPERASI BENIGNA PROSTATE HYPERTROPI DI RUANG 8 RSUD GUNUNG JATI KOTA CIREBON”.

 

 

B.TUJUAN

 

1.Tujuan umum

Diharapkan memperoleh pengalaman nyata dalam memberikan asuhan keperawatan secara langsung dan komprehensif yang meliputi aspek bio-psiko-sosio dan spiritual dengan pendekatan proses keperawatan.

 

2.Tujuan khusus

  • Mampu melakukan pengkajian data komprehensif pada tn.T dengan kasus
  • Mampu merumuskan diagnosa keperawatan pada tn.T dengan kasus
  • Mampu membuat rencana asuhan keperawatan pada tn.T dengan kasus
  • Mampu melakukan implementsi keperawatan pada tn.T dengan kasus
  • Mampu melakukan evaluasi keperawatan pada tn.T dengan kasus
  • Mampu mendokumentasikan pelaksaan asuhan keperawatan komprehensif pada tn.T dengan kasus .

 

C. Metode penelitian

Adapun metode penulisan yang digunakan pada penulisan ini adalah metode deskriptif yang menggambarkan asuhan keperawatan yang dilakukan langsung pada klien, mulai dari tahap pengkajian sampai tahap evaluasi dengan pengumpulan data, menganalisa data berdasarkan teori dan kenyataan yang ada dilapangan. Adapun teknik pengumpulan data sebagai berikut :

 

 

  1. Observasi

Yaitu dengan mengamati secara langsung keadaan klien mulai pemeriksaan fisik secara inspeksi, palpasi, perkusi dan auskultasi.

  1. Wawancara

Yaitu merupakan cara pengumpulan data melalui komunikasi secara lisan baik langsung dengan klien maupun dengan keluarga klien.

  1. Studi kepustakaan

Yaitu dengan mencari data – data dari berbagai literatur guna mendapatkan keterangan dan dasar teoritis yang berkenaan dengan kasus masalah yang timbul.

  1. Studi dokumentasi

Yaitu dengan membaca dan mempelajari status klien baik data perawatan, buku laporan perawatan yang ada diruangan.

 

D. Ruang Lingkup

Dalam penyusunan makalah ini penulis membatasi hanya pada permasalahan “ Asuhan keperawatan Tn.T dengan gangguan Post operasi  diruang 8 RSUD GUNUNG JATI KOTA CIREBON “ adapun proses keperawatan mulai dari tanggal 24 september 2007.

One response

  1. Agung PA

    lo g lengkap g usah di muat dah…..
    sepet tau………….

    2 November 2012 pukul 3:47 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s